Contoh RPP Bahasa Indonesia (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)

Published Maret 26, 2012 by mizzyelma

Alhamdulillah enggak terasa akhirnya sekarang udah semester 6. Padahal masih teringat jelas waktu ospek dulu…:)

Di semester 6 ini ada mata kuliah namanya micro teaching. Mata kuliah ini isinya cuma praktik ngajar di depan kelas. Tugasnya yaitu disuruh buat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP tu buat pedoman guru waktu ngajar di kelas. Tapi bukan sembarang RPP. Soalnya, RPP yang baik menurut Permendiknas nomor 41 tahun 2007 harus terdapat Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi. Nah..di bawah ini adalah contoh RPP yang udah aku buat. Tapi aku ngerasa masih banyak kekurangan dalam pembuatan RPP ini…Jadi buat siapa aja yang mau kasih kritik atau saran, dipersilakan ya….^^

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                       : ———————-

MATA PELAJARAN      : Bahasa Indonesia

KELAS                             : XI

SEMESTER                      : 1

TAHUN PELAJARAN   : 2011/2012

A.          STANDAR KOMPETENSI :

Membaca: memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring.

B.           KOMPETENSI DASAR :

Menemukan perbedaan paragraf induktif, deduktif dan campuran melalui kegiatan membaca intensif.

C.          MATERI PEMBELAJARAN :

Paragraf  yang berpola deduktif, induktif dan campuran:

  • Pengertian paragraf deduktif, induktif dan campuran.
  • Pengertian kalimat utama.
  • Pengertian kalimat penjelas.
  • Ciri paragraf deduktif, induktif dan campuran.
  • Contoh paragraf deduktif, induktif dan campuran.

D.          INDIKATOR :

  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf.
  • Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama.
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif, deduktif dan campuran.

E.            ALOKASI WAKTU :

1 x 10 menit

 F.           TUJUAN PEMBELAJARAN :

Melalui metode diskusi kelompok peserta didik dapat:

  • Menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf.
  • Menentukan kalimat penjelas atau kalimat pengembang yang mendukung gagasan utama.
  • Menemukan paragraf induktif dan deduktif berdasarkan ciri-cirinya.
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif.

G.          SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

  • Buku yang terkait dengan paragraf induktif, deduktif dan campuran
  • Artikel
  • Powerpoint materi

H.           METODE PEMBELAJARAN :

  • Diskusi kelompok

I.         LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

 

Kegiatan Awal

Apersepsi :

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
  • Siswa diberi pengertian awal tentang paragraf deduktif, induktif dan campuran
  • Peserta didik mencermati kegiatan pembelajaran.

Memotivasi :

  • § Memotivasi akan pentingnya memahami cara menemukan perbedaan paragraf induktif, deduktif dan campuran melalui kegiatan membaca intensif.
  • § Membaca paragraf di artikel untuk mengidentifikasi bentuk paragraf.

Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Guru menjelaskan pada peserta didik mengenai paragraf deduktif, induktif dan campuran.
  • Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
  • Guru memfasilitasi  peserta didik untuk dapat menemukan berbagai macam bentuk paragraf yang terdapat dalam artikel.
  • Peserta didik membaca artikel yang di dalamnya terdapat paragraf berpola deduktif, induktif  dan campuran.
  • Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
  • Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

Elaborasi

  • Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
  • Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
  • Guru memerintahkan peserta didik untuk mengidentifikasi bentuk paragraf dari artikel yang telah dibagi.
  • Guru memerintahkan peserta didik untuk mengidentifikasi ciri paragraf induktif, deduktif  dan campuran.
  • Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara kelompok.

Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
    • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
    • membantu menyelesaikan masalah;
    • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
    • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
    • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

Kegiatan Akhir  

  • Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan  pelajaran.
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
  1. J.        PENILAIAN :
  • Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

  • Menemukan kalimat utama sebuah paragraf dari artikel
  • Menemukan kalimat penjelas sebuah paragraf dari artikel
  • Mengidentifikasi bentuk paragraf dari artikel

Tes  tulis

Tes  tulis

Tes  tulis

Uraian

Uraian

Uraian

  • Tunjukkan gagasan penulis yang terdapat di dalam suatu artikel/buku!
  • Tulislah sebuah paragraf mengenai … yang berisi kutipan/pendapat dari seorang ahli!

Pedoman penskoran :

1. Jelaskan macam-macam bentuk paragraf yang terdapat di dalam suatu artikel!

Kegiatan Skor
Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam bentuk paragraf dari artikel. 4
Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam bentuk paragraf namun tidak mampu menjelaskan. 2
Peserta didik tidak mampu mengidentifikasi macam-macam bentuk paragraf dari artikel 0

                                 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: